Ketahui Jenis Atap Terbaik Agar Tidak Mudah Bocor

Ketahui Jenis Atap Terbaik Agar Tidak Mudah Bocor adalah membantu tempat tinggal Anda terasa lebih nyaman. Untuk itu, pilih dan kenali apa jenis atap yang cocok untuk rumah Anda. Atap sangatlah berperan cukup penting karena dapat melindungi rumah anda dari teriknya panas dan hujan. Namun bukan berarti atap rumah tidak bisa lepas dari masalah. Salah satu yang sering terjadi yaitu atap bocor. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya? Caranya yaitu dengan memilih jenis atap rumah terbaik anti bocor.

Ketahui Jenis Atap Terbaik Agar Tidak Mudah Bocor

Jenis Atap Terbaik untuk Rumah Anda

Ketahui Jenis Atap Terbaik Agar Tidak Mudah Bocor, Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan eksterior sebuah bangunan cukup diperhatikan. Rumah dari luar dengan tampilan menawan menunjukkan jika desain secara menyeluruh tampak optimal. Tidak terkecuali atap yang berada di bagian atas pun kini turut menjadi sorotan. Sebab bagian tersebut justru dapat memberikan kesan tempat tinggal terlihat menarik. Mungkin sudah menjadi hal wajar jika desain hunian ini akan tampak dari pemilihan atapnya.

Saat ini sudah banyak model dan jenis atap yang biasa digunakan untuk perumahan. Dari sekian banyaknya model dan jenis tersebut, pastikan bisa memilih yang terbaik. Fungsi atap sendiri untuk mencegah air hujan masuk ke dalam rumah, sehingga menjaga penghuni dan barang-barang di dalamnya tetap terlindungi. Atap juga jadi penghalau dari panas matahari yang berlebihan, sehingga menjaga rumah tetap sejuk. Keberadaan atap adalah untuk menahan angin kencang dan benda-benda yang terbawa angin, sehingga menjaga keamanan rumah. Atap pada rumah memiliki berbagai macam keuntungan dan bagian penting dari struktur rumah. Maka dari itu, pastikan Anda tahu jenis atap terbaik agar rumah tetap aman dan nyaman. Berikut ini ada beberapa pilihan rekomendasi jenis atap anti bocor.

Atap Genteng Kaca

Atap genteng kaca adalah jenis atap yang terbuat dari kaca. Jenis atap terbaik ini menawarkan beberapa keunggulan sebagai berikut.

  1. Atap genteng kaca memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Sehingga membuat ruangan lebih terang dan hemat energi.
  2. Dapat meningkatkan estetika rumah dengan desainnya yang modern dan unik.
  3. Atap genteng kaca terbuat dari kaca tempered yang tahan lama dan kuat terhadap cuaca ekstrim.
  4. Atap genteng kaca dapat membantu mengurangi penggunaan energi karena memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.

Jenis atap ini pilihan yang pas untuk Anda yang menginginkan atap yang elok, awet, serta ramah lingkungan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya, seperti harga yang mahal dan potensi kebocoran.

Asbes

Atap rumah asbes adalah jenis atap yang terbuat dari campuran semen dan serat asbes. Asbes ini pernah populer di Indonesia karena menawarkan berbagai keunggulan yang tidak ditemukan pada jenis atap terbaik lainnya.
Atap asbes merupakan salah satu jenis atap yang paling murah di pasaran. Meski terbilang murah, asbes termasuk material tahan lama dan kuat terhadap cuaca ekstrim. Bobotnya ringan dan mudah dipasang bahkan tahan terhadap api.
Sayangnya asbes juga memiliki kekurangan, serat asbes dapat menyebabkan penyakit pernapasan yang serius, seperti asbestosis dan kanker paru-paru. Atap asbes tidak ramah lingkungan karena mengandung serat asbes yang berbahaya, mudah rapuh dan mudah pecah.
Di samping itu, atap asbes hanya tersedia dalam beberapa desain yang terbatas. Sehingga tidak akan bisa dibentuk dalam berbagai model atap rumah.

Atap Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat adalah jenis atap yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Atap ini merupakan salah satu jenis atap paling tradisional dan sudah digunakan sejak zaman dahulu.
Proses pembuatannya secara tradisional tanah liat dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis. Lembaran-lembaran tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, genteng dibakar dalam tungku hingga menjadi keras dan tahan lama.
Keunggulan atap genteng tanah liat yaitu dapat bertahan selama puluhan tahun bahkan berabad-abad jika dirawat dengan baik. Tahan terhadap cuaca ekstrim, seperti panas matahari, hujan deras, dan angin kencang.
Atap genteng tanah liat terbuat dari bahan alami dan tidak membahayakan kesehatan. Apalagi memiliki tampilan yang indah dan tradisional membuat tampilan eksterior rumah semakin memukau.

Galvalum

Atap rumah galvalum adalah jenis atap yang terbuat dari baja ringan yang dilapisi dengan campuran aluminium dan seng (galvalum). Keunggulan yang bisa kita dapatkan dari atap ini mulai dari atap galvalum jauh lebih ringan dibandingkan atap beton, genteng tanah liat, dan asbes, sehingga tidak membebani struktur bangunan.
Lapisan galvalum melindungi baja dari karat dan korosi, sehingga atap galvalum tahan lama dan tidak mudah rusak. Atap ini memantulkan panas matahari, sehingga ruangan di bawahnya lebih sejuk.
Galvalum termasuk material tahan air dan dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Selain itu, mudah dipasang dan tidak membutuhkan banyak waktu.
Meski menawarkan banyak keunggulan, namun galvalum memiliki harga yang cukup mahal. Galvalum juga bisa menimbulkan suara bising saat turun hujan. Desainnya pun tidak bergaris, biasanya hanya memiliki desain bentuk gelombang saja. Meskipun relatif lebih mahal, atap galvalum menawarkan banyak keuntungan yang membuatnya sepadan dengan harganya.

Jenis Atap Terbaik Genteng Metal

Atap genteng metal adalah panel atap yang terbuat dari logam, seperti baja, aluminium, atau tembaga. Material atap ini dapat dilapisi dengan berbagai bahan, seperti cat, batu, atau plastik. Atap genteng metal tersedia dalam berbagai gaya dan warna, dan dapat dipasang di berbagai jenis bangunan, termasuk rumah, bisnis, dan struktur pertanian.
Sama seperti jenis atap yang lainnya, bahan metal tahan terhadap cuaca ekstrim, seperti hujan deras, angin kencang, dan hujan es. Genteng metal juga tahan api dan tahan terhadap serangga dan jamur.
Atap genteng logam ringan sehingga dapat membantu mengurangi biaya struktur bangunan. Menariknya, atap ini hanya membutuhkan sedikit perawatan dan dapat bertahan selama beberapa dekade tanpa perlu diganti.
Genteng metal dapat memantulkan panas matahari, membantu menjaga bangunan tetap sejuk di musim panas. Ini dapat menyebabkan pengurangan biaya pendinginan. Terbuat dari material daur ulang dan bisa Anda daur ulang lagi jika sudah habis masa pakainya.

Keuntungan Menggunakan Atap Rumah yang Tepat

Memilih atap rumah yang tepat merupakan keputusan penting agar dapat memberikan banyak keuntungan bagi penghuninya. Berikut beberapa keuntungan dari menggunakan atap rumah yang tepat:

  1. Atap yang tepat akan melindungi Anda dan keluarga dari cuaca ekstrim, seperti hujan deras, angin kencang, dan panas matahari. Hal ini akan menjaga rumah tetap aman dan nyaman.
  2. Membantu Anda menghemat biaya energi dengan memantulkan panas matahari dan menjaga rumah tetap sejuk di musim panas.
  3. Atap yang tepat terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Bagi Anda yang ingin memiliki kesan tradisional dan tetap aman, genteng dari tanah liat bisa jadi pilihan. Namun jika menginginkan tampilan modern, atap metal, galvalum, dan kaca bisa jadi tawaran yang menarik. Lain halnya bagi Anda yang memiliki dana terbatas, namun tetap mendapatkan atap yang aman, maka seng dan asbes bisa jadi solusinya.
Pastikan memilih jenis atap terbaik untuk melindungi rumah dari kebocoran maupun cuaca ekstrim lainnya. Selain dari segi keamanan, pemilihan atap rumah yang tepat juga memberikan tampilan eksterior semakin memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *