Atap Anda Sering Bocor Gunakanlah Teknik Ini

Atap Anda Sering Bocor Gunakanlah Teknik Ini. Tak perlu khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa Teknik Supaya Atap Tidak Bocor dengan mudah. Bahkan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus memanggil jasa khusus untuk mengatasi atap rumah yang mengalami kebocoran.

Atap Anda Sering Bocor? Atasi dengan Teknik-Teknik Berikut

Atap Anda Sering Bocor Gunakanlah Teknik Ini, Saat musim penghujan tiba, atap rumah cukup rentan mengalami kebocoran. Ini adalah satu masalah yang umum terjadi. Saat terjadi kebocoran pada atap rumah, Anda harus segera mengatasinya. Jika dibiarkan saja, justru akan berdampak buruk terhadap struktural dan interior rumah.
Atap yang bocor secara berkala bisa menyebabkan kerusakan pada furniture rumah. Seperti kursi, meja, lemari serta berbagai perabotan rumah berbahan kayu lainnya.
Kebocoran atap juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan tersendiri bagi penghuni rumah. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sepelekan atap rumah yang bocor. Segera atasi dengan beberapa teknik mudah berikut ini:

Atap Anda Sering Bocor Gunakanlah Teknik Ini

Lakukan Pemeriksaan Atap Secara Rutin

Langkah penting pertama yang dapat dilakukan dalam mengatasi Atap Anda Sering Bocor adalah dengan memahami titik-titik yang rawan bocor. Jangan biarkan keretakan kecil bertambah parah. Adanya rembesan air yang masuk justru dapat menimbulkan kelembaban dan jamur.
Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan cat anti bocor. Pada umumnya titik yang rawan bocor adalah lokasi di mana terdapat pipa saluran air. Selain itu juga pada sudut rumah yang merupakan sambungan antar bagian.
Selanjutnya, tanda-tanda adanya titik kebocoran adalah terdapat noda kuning bekas air menggenang. Apabila anda menemukan noda ini pada langit-langit rumah, maka dapat dipastikan ada lubang di atas yang perlu Anda perbaiki. Atap yang kotor juga menyebabkan air menggenang serta menyebabkan kebocoran.
Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada atap rumah. Identifikasi lubang dengan menggunakan senter. Bisa juga dengan menggunakan selang dan salurkan air untuk dapat mengetahui lubang kebocoran yang tidak nampak dengan senter. Lakukan pemeriksaan ini ketika atap dalam keadaan kering.

Bersihkan Atap dari Kotoran atau Sampah

Atap Anda sering bocor? Mungkin salah satu penyebabnya adalah adanya sampah atau kotoran lain yang bersarang di sekitar atap.
Sampah-sampah ini menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran air sehingga mengakibatkan adanya kebocoran atap. Maka, sebaiknya bersihkan atap dari berbagai jenis sampah yang mengganggu sebelum musim penghujan tiba.

Gunakan Lapisan Waterproofing

Saat pengecekan dan pembersihan atap rumah telah dilakukan dan atap rumah masih mengalami kebocoran, maka langkah penanganan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan lapisan anti bocor atau yang dikenal dengan waterproofing dengan serat kasa.
Lapisan anti bocor ini dapat Anda berikan di area-area yang mengalami kebocoran/retak. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan cairan pelapis anti bocor yang sesuai dengan jenis atap rumah Anda. Langkahnya, potong serta kasa pada bidang genteng sesuai dengan ukuran, selanjutnya olesi dengan larutan waterproofing.

Atasi Keretakan dengan Sealant

Selain memanfaatkan waterproofing, Anda juga dapat menggunakan alternatif lain untuk melakukan perbaikan yakni dengan sealant pada atap yang retak. Sealant merupakan zat sejenis segel mekanis berbentuk cairan kental atau pastel.
Pada umumnya sealant digunakan untuk mengisi retakan pada permukaan bangunan. Penggunaan zat ini bertujuan untuk memblokir cairan, debu, sura hingga transmisi panas.
Dalam pengaplikasian sealant pada genting yang bocor, Anda perlu mengeringkan permukaan atap terlebih dahulu. Selanjutnya tutup permukaan sekitarnya dengan menggunakan masking tape.
Kemudian isi celah yang ada dan segera buka masking tape dan keringkan selama 24 jam. Pastikan sealant merekat sempurna sehingga masalah kebocoran dapat teratasi dengan baik.

Perhatikan Kemiringan Atap

Seperti yang kita ketahui bahwa atap rumah memang didesain dengan kemiringan tertentu. Ini bertujuan supaya air hujan bisa mengalir lebih lancar. Maka apabila atap rumah terlihat agak landai dan datar, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada atap. Lantaran aliran air hujan yang lambat dan dapat menggenangi beton.
Pada umumnya kemiringan atap berkisar antara 30 hingga 40 derajat. Sebaiknya kurangi sambungan pada atap yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya kebocoran. Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan terkait dengan atap rumah yang bocor adalah memeriksa posisi setiap atap.
Kemungkinan lain ada genteng yang bergeser dari tempatnya atau tidak. Ini dapat terjadi karena genting yang tidak dilekatkan dengan baik sehingga terjadi pergeseran.

Lakukan Renovasi Atap

Apakah atap Anda sering bocor, bahkan dalam tingkat yang cukup parah? Bisa jadi penyebabnya adalah usia atap yang sudah terlalu tua sehingga daya tahannya sudah rapuh.
Saat mengganti genteng serta menambal tidak berpengaruh terhadap kebocoran tersebut, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan merenovasi atap tersebut. Pasalnya, konstruksi yang tidak sesuai serta tidak kuat menahan beban sangat rentan terjadi kebocoran atap.

Penggunaan Roof Flashing

Roof flashing merupakan lembaran metal yang dapat dipasang pada ceruk atap atau di bagian sudut pertemuan bidang atap. Lembaran metal ini sangat bermanfaat untuk mengalirkan air hujan ke bagian talang atau arah pembuangan air. Dengan demikian air tidak akan menggenang atau masuk ke bawah genteng yang dapat mengakibatkan terjadinya rembes.

Periksa Bagian Seng

Selain memeriksa adanya keretakan pada bagian atap, Anda juga dapat memeriksa bagian seng. Hal ini karena seng berkarat juga dapat menyebabkan kebocoran pada atap. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan zincalume yang lebih tahan terhadap karat.

Sirkulasi Udara Terjaga

Untuk menghindari atap yang keropos, pastikan pula bahwa di dalam rumah mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik dan cukup. Menjaga sirkulasi udara dapat mengatasi masalah genteng bocor.
Beri lubang atau jendela pada sisi atas atau bawah genteng sehingga ruangan dalam rangka atap dalam keadaan kering. Apabila ventilasi udara bermasalah, maka sebaiknya ganti dengan ventilasi yang baru.

Penggunaan Aksesori Atap

Selain dengan mengganti atau menambal, cara lain untuk mengatasi atap Anda sering bocor adalah dengan menggunakan tambahan aksesori anti bocor pada atap. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan adanya genteng double.
Genteng double adalah jenis genteng yang dirancang khusus untuk menghalau air sehingga dapat meresap ke dalam plafon. Menggunakan double genteng dapat membuat air mengalir ke palang. Apabila terjadi rembesan, maka rembesan air tersebut tidak akan langsung mengenai atap.

Penggunaan Lembaran Bitumen pada Area Tergenang

Terdapat beberapa bagian dak beton yang lebih rentang tergenang air saat musim penghujan. Untuk mengatasi atap bocor, pada area ini Anda dapat memanfaatkan lembaran bitumen yang sangat pas untuk area tergenang.
Anda dapat menggunakan bubuk semen serta pelarut yang lebih tahan akan genangan dan cukup kuat menghadapi sinar ultraviolet. Campurkan secara merata selanjutnya lapisan pada permukaan yang retak.
Bila atap Anda sering bocor, segera atasi agar kebocoran tidak semakin parah. Umumnya, terjadinya kebocoran atap terjadi karena kurang memperhatikan fungsi serta perawatan atap tersebut. Oleh karena itu, sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu penyebab dari kebocoran atap tersebut. Sehingga masalah dapat teratasi dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *